banner 728x90

TPA Kubangdeleg Dibangun, Pemkab Cirebon Optimistis 2024 Bebas Sampah Terealisasi

Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Desa Kubangdeleg, Kecamatan Karangwareng, Kabupaten Cirebon tengah dilakukan pembangunnya. Pemda setempat pun optimistis target 2024 bebas sampah bisa terealisasi.

Demikian disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih, dalam penyampaiannya di Rapat Paripurna Jawaban Bupati terhadap Pemandangan Umum Fraksi DPRD terhadap RAPBD Tahun Anggaran 2023, di Gedung DPRD Kabupaten Cirebon, Kamis (6/10/2022).

Perempuan yang akrab disapa Bunda Ayu ini menjelaskan, saat ini salah satu pembangunan yang tengah dilakukan Pemda Kabupaten Cirebon yakni TPA Kubangdeleg. Dibangunnya TPA Kubangdeleg ini menjadi salah satu upaya pihaknya untuk merealisasikan daerahnya bebas sampah.

Untuk pengelolaan sampah dari hulu hingga hilir, lanjut dia, akan dilakukan sistem pengelolaan sampah di Gunungsantri dan Kubangdeleg yang tengah dilakukan proses pembangunannya.

“Yang pembangunan TPA Kubangdeleg kini mencapai 40 persen dan diharapkan akhir tahun ini selesai dan tahun 2023 siap dioperasionalkan. Sehingga di 2024 ditargetkan Kabupaten Cirebon bebas sampah bisa terealisasi,” kata Bunda Ayu.

Selain itu, Bunda Ayu juga menjawabi terkait belanja modal yang bersumber dari APBD yang tercantum dalam RAPBD tahun anggaran 2023. Belanja modal yang dimaksud berupa belanja mesin, jalan raya dan infrastruktur. Belanja tanah, peralatan, mesin, gedung, irigasi, serta belanja aset tetap lainnya.

“Hal itu dilakukan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Bunda Ayu melanjutkan, dengan belanja tersebut, diharapkan menjadi faktor untuk mendorong timbulnya investasi di Kabupaten Cirebon sehingga dapat memacu pertumbuhan ekonomi daerah.

Dalam kesempatan itu, juga digelar rapat paripurna Pemandangan Umum Fraksi DPRD terhadap 2 (dua) Raperda dan Pendapat Bupati terhadap 1 (satu) Raperda Inisiatif DPRD.(Ismail/KC)

Sumber: Kabar Cirebon

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply