banner 728x90

Revitalisasi Komplek Makam Sunan Gunung Jati Cirebon, Desain Sudah Ada, Seperti Ini

Revitalisasi Komplek Makam Sunan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon, rupanya sudah lama dimunculkan.

Namun, desain dan konsep revitalisasi Komplek Makam Sunan Gunung Jati di Desa Astana, Kabupaten Cirebon tersebut, hingga kini tidak jelas kabar beritanya.

Pada gambar konsep revitalisasi Komplek Makam Sunan Gunung Jati Cirebon, terlihat dua gerbang candi bentar yang menjadi unsur daya tarik utama desain tersebut.

Dilansir dari Majalah DPRD Kabupaten Cirebon, diketahui konsep revitalisasi tersebut sudah ada pada tahun 2011.

Sebagian program tersebut pernah direalisasikan dengan pembangunan parkir bus seluas 2,2 hektare dan pembangunan kios.

Kemudian di tahun 2018, sempat juga ada program dari Disbudparpora Provinsi Jawa Barat termasuk detail engineering design (DED).

Disbudparpora Jabar telah merencanakan dan memperhitungkan rancangan konstruksi pada unsur skala prioritas destinasi Makam Sunan Gunung Jati.

Diantaranya akses informasi pengunjung, pembenahan atap pendopo bagian depan, perapihan dan pengelolaan sampah, juga pelayanan makam hingga perapihan kios juga jalan.

Nilai anggaran untuk DED tersebut tidak main-main, sekitar Rp15 miliar. Sayangnya, program tersebut ternyata tidak dapat direalisasikan. Pemkab Cirebon ternyata harus memiliki perjanjian kerjasama dengan keraton.

Padahal, revitalisasi Komplek Makam Sunan Gunung Jati tersebut diharapkan dapat mempercantik kawasan sebagai destinasi tidak hanya ziarah tetapi juga pariwisata.

Sumber : Radar Cirebon

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply