banner 728x90

Kabupaten Cirebon Raih Penghargaan Desa Mandiri

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum mengaku bangga atas dihelatnya kegiatan Teknologi Tepat Guna Nusantara (TTGN) ke-XXIII yang berlangsung di Jawa Barat, tepatnya di Kabupaten Cirebon. 

Program dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi tersebut, sejalan dengan apa yang menjadi rintisan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam upaya terus membangun desa.

 Bahkan, kegiatan yang dibuka langsung Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar, turut juga dihadiri perwakilan kepala daerah Kota/Kabupaten se-Indonesia. 

Hal itu menjadi momentum untuk bisa lebih mengenalkan wilayah Jawa Barat di kancah nasional dari sisi pembangunan berbasis desa, yang mengakselerasikan kemajuan teknologi.  

“Kami atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Barat menghaturkan banyak terima kasih kepada pak Menteri yang mempercayai Jabar menjadi tuan rumah kegiatan TTGN tahun 2022. Ini menjadi momentum Jawa Barat untuk bisa lebih mengenalkan potensi desa yang sudah menyelaraskan pembangunan berbasis teknologi di kancah nasional,” kata Wagub Uu, dalam sambutannya mewakili Gubernur Jabar Ridwan Kamil, dalam giat Gala Dinner Teknologi Tepat Guna Nusantara XXIII Tahun 2022, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Cirebon, Selasa (18/10). 

Wagub Uu menjelaskan, saat ini Pemprov Jabar tengah fokus dalam melaksanakan pembangunan yang dimulai dari desa. Salah satunya rintisan satu desa satu produk menjadi andalan dalam program membangun desa. 

Menurutnya, pembangunan di tingkat desa menjadi kunci utama dalam meningkatkan masyarakat. Sehingga, jika desa maju maka otomatis kabupaten bisa maju dan tentunya provinsi pun menjadi maju. 

“Ini inovasi pak Gubernur yang berupaya membangun dari mulai level desa. Dengan cara ini, tujuan utama dalam  mewujudkan Jabar Juara yang akan mudah dicapai. Meskipun kendala saat Pandemi Covid-19 Jabar juga sama dengan daerah lain. Namun secara perlahan pembangunan mulai bisa kembali bangkit,” katanya. 

Dalam kesempatan tersebut, Wagub pun tidak lupa mengapresiasi kepada seluruh Bupati/Walikota di Jawa Barat yang bisa mengawal program provinsi. 

Sehingga, apapun hambatan pembangunan di tingkat desa bisa dituntaskan secara perlahan. Hal itu terbukti, di Jawa Barat sendiri sudah tidak ada lagi desa tertinggal. Bahkan sangat minim dan ada daerah yang menjadi desa mandiri pertama di Indonesia. 

“Ini berkat dukungan para bupati yang hebat yang terus mengawal program provinsi menjadi Jabar Juara. Termasuk kepada seluruh kepala desa yang bisa membina warganya untuk bisa lebih maju menuju desa mandiri,” ungkapnya. 

Sementara, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar menjelaskan, program yang digagas pada prinsipnya mengusung pembangunan di level desa agar menjadi desa mandiri. 

Sumber : Rakyat Cirebon

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply