banner 728x90

Hore, Jalan di Desa Kaliwulu Mulai Diperbaiki, Komisi III: Baru Sedikit, Sisanya Tahun Depan

Kabar gembira bagi warga Desa Kaliwulu, Kecamatan Plered, dan sekitarnya, tahun ini Pemerintah Kabupaten Cirebon memulai perbaikan jalan di desa tersebut sepanjang 135 meter dengan nilai anggaran Rp 139 juta. Meski belum seluruhnya diperbaiki, namun kabar ini cukup menggembirakan bagi warga Desa Kaliwulu yang merasakan keresahan setelah bertahun-tahun jalan rusak di desa ini tidak diperbaiki.

Perbaikan jalan sepanjang 135 meter ini dimulai dari pertigaan Desa Kaliwulu-Cangkring-Tegalsari atau depan PT Hi Lex hingga dekat Perumahan Kaliwulu Indah. Diketahui, jalan yang diperbaiki tersebut merupakan titik terparah di Desa Kaliwulu, sebab banyak lubang yang membuat pengendara harus berhati-hati, terlebih di musim hujan.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Cirebon, Anton Maulana mengatakan, anggaran tersebut dialokasikan dari APBD Perubahan Kabupaten Cirebon.

“Memang baru segitu dulu yang dianggarkan, nanti dihotmix dengan menggunakan aspal, artinya bukan perawatan biasa tapi peningkatan jalan sehingga lebih bagus dan tahan lama,” ujar Anton, Jumat (9/12/2022).

Sementara sisa jalan yang belum diperbaiki di Desa Kaliwulu, menurut Anton, akan kembali dilakukan peningkatan jalan pada tahun depan.

“Tahun depan akan dianggarkan Rp 2,5 miliar untuk Desa Kaliwulu hingga Desa Sarabau, jadi jalan rusak semuanya akan diperbaiki,” tuturnya.

Menurutnya, salah satu alasan kenapa perbaikan jalan di Desa Kaliwulu dan sekitarnya tidak dilakukan secara full tahun ini adalah harus dibuka saluran terlebih dahulu.

“Khususnya di Warung Bata, di titik ini harus ada saluran karena memang tidak ada saluran di situ. Percuma jalan diperbaiki kalau tidak ada saluran untuk untuk air, nanti musim hujan ya rusak lagi,” ujar Anton.

Warung Bata atau pertigaan yang menghubungkan Desa Kaliwulu, Wotgali, Gamel dan Sarabau ini memang tidak memiliki saluran. Jalan ini kerap terendam air jika hujan datang, ditambah lubang yang menganga cukup dalam.

Sementara itu, Pelaksana CV Dimas Karya, Riko Riyanto, yang mengerjakan proyek perbaikan jalan di Desa Kaliwulu mengatakan, perbaikan jalan sepanjang 135 meter ini sudah berjalan empat hari.

“Panjang 135 meter dengan lebar empat meter. Sudah berjalan empat hari, saat ini yang dikerjakan adalah proses peninggian dulu, baru dihotmix oleh aspal,” ujarnya.

Salah satu warga Desa Kaliwulu, Iskandar (32 tahun) mengatakan, pihaknya berterimakasih atas perhatian Pemkab Cirebon juga DPRD Kabupaten Cirebon, khususnya Komisi III yang salah satunya membidangi infrastruktur, atas perbaikan jalan di desa tersebut.

“Perbaikan ini sudah sangat ditunggu-tunggu masyarakat Desa Kaliwulu, karena kami sudah bertahun-tahun harus berjibaku dengan jalan rusak,” ujarnya.

Meski belum seluruhnya diperbaiki, menurutnya, hal ini sudah sangat membantu warga dalam beraktivitas.

“Yang diperbaiki tahun ini adalah salah satu titik terparah di Desa Kaliwulu, saking parahnya jika lewat situ bingung mau lewat mana sebab semuanya lubang dan batu,” ujar Iskandar.

Menurut Iskandar, jalan bagus merupakan penunjang ekonomi. Sehingga jika jalan bagus maka perekonomian akan lancar. “Kami tidak akan pegal-pegal lagi kalau lewat jalan di desa ini. Motor juga tidak akan rusak lagi,” katanya.

Sumber: Kabar Cirebon

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply