banner 728x90

Dewan Minta Jabatan Kadisdik Mumpuni di Bidangnya

Wakil Ketua Dewan Pendidikan sekaligus Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Cirebon, Aan Setiawan menyampaikan, untuk mengurus dan membenahi pendidikan di daerahnya masih banyak orang-orang yang kompeten di bidangnya.

Menurut Politisi PDI Perjuangan ini, kinerja Ronianto sebagai Plt Kepala Disdik Kabupaten Cirebon tentu harus menjadi evaluasi Bupati Cirebon. Sebab, contohnya terkait tahapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) saja, dalam membuat juklak-juknisnya sama sekali tidak melibatkan stakeholder yang ada.

“PPDB itu seharusnya pada saat membuat juklak juknisnya undang dong stakeholder yang ada. Dewan Pendidikan diundang, PGRI diundang, Komisi IV diundang, pengamat dan tokoh masyarakat pendidikan diundang dong. Semua seperti apa juklak juknisnya? Biayanya berapa? Pendaftarannya seperti apa? Zonasinya seperti apa? Kan dibahas bersama,” ungkap Aan.

Sebab menurut dia, yang terjadi sekarang, tetiba Disdik mengundang stakeholder yang ada dengan juklak-juknis yang telah dibuat sendiri tanpa melibatkan yang lain melalui sosialisasi. “Jangan kita tidak diundang saat pembentukan juklak-juknisnya, ujug-ujug juklak juknisnya sudah jadi seperti ini. Lah kita kan kaget semua,” katanya.

Pada intinya, Aan menginginkan pendidikan di Kabupaten Cirebon ini bisa maju. Siapa pun kepala dinasnya yang terpenting mumpuni di bidangnya. Makanya, perlu dipilih melalui open bidding. Nantinya, yang punya keahlian pendidikan silakan daftar. Setelah itu ditentukan bupati yang terbaik dan paling layak untuk memajukan pendidikan.

Sementara itu, Plt Kadisdik Kabupaten Cirebon, Ronianto saat didatangi ke kantor untuk dimintai konfirmasi, tengah keluar kota mengikuti pelatihan kepemimpinan nasional di Bandung. Dan saat dihubungi melalui telepon selulernya, ia tidak menjawab, begitu pesan via WhatsApp-nya.

Namun sebelumnya, Ronianto sempat membantah dalam proses PPDB tahun ajaran 2022/2023 tidak melibatkan dewan pendidikan. Semua stakeholder dilibatkan. Bahkan, Perbup tentang PPDB SMP tahun ajaran 2022/2023 sudah jadi. Tinggal pelaksanaannya saja. Yang akan dibuka pada 24 Juni mendatang. “Perbup sudah jadi. Dan sudah disosialisasikan, dewan pendidikan juga hadir,” katanya.(Ismail/KC)Sumber : Kabar Cirebon

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply