banner 728x90

SMPN 1 Weru Dilakukan Verifikasi Penghargaan Tingkat Nasional

Prestasi membanggakan tengah ditoreh SMPN 1 Weru Kabupaten Cirebon. Pasalnya, SMPN 1 Weru telah dilakukan verifikasi lapangan penghargaan sentra jajan/kantin sekolah tingkat nasional tahun 2022.

Saat menerima tim verifikasi, Bupati Cirebon Drs H Imron MAg diwakilkan Assisten Pemerintahan dan Kesra, Drs H Mochamad Syafrudin, menuturkan, kegiatan tersebut sebagai rangkaian penilaian dan pemberian penghargaan sentra pangan jajanan/ kantin sekolah yang memenuhi syarat higiene sanitiasi tingkat nasional.

Menurutnya, Kabupaten Cirebon merupakan pusat industri rumah tangga, produk pangan jajanan (kue dan snack) yang pemasaran produknya lintas wilayah Kabupaten atau Kota, bahkan sampai lintas provinsi.

“Untuk itu, agar tidak menimbulkan masalah kesehatan di masyarakat, keberadaan produk pangan industri rumah tangga rutin dilakukan pembinaan sehingga memenuhi syarat higiene dan sanitasi,”ujar Moh Syafrudin.

Saat ini, ujarnya, di Kabupaten Cirebon tercatat 2.323 tempat pengelolaan pangan yang terdaftar dan dilakukan pembinaan. 1.255 diantaranya telah memenuhi syarat higiene dan sanitasi tempat pengelolaan pangan sesuai kriteria yang ditetapkan oleh kementrian kesehatan republik indonesia.

Pembinaanpun dilakukan terhadap tempat pengelolaan pangan yakni industri rumah tangga pangan, jasa boga, catering, sentra pangan jajanan, sentra pangan jajanan kantin sekolah, dan sentra pangan jajanan di obyek wisata.

“Makanan dan minuman jajanan di sekolah merupakan konsumsi sehari- hari siswa atau peserta didik yang harus sehat dan bersih. Kesalahan dalam penyediaan makanan dan minuman berakibat fatal, tidak aman, tidak menyehatkan bahkan bisa berdampak pada kesehatan siswa. Untuk itu juga, kantin yang sehat harus tersedia tempat cuci tangan, tempat sampah dan menggunakan etalase untuk mencegah serangga hinggap pada makanan,”tuturnya.

Makanan dan minuman, lanjutnya, merupakan media terjadinya penyakit seperti sakit perut, diare, muntaber. Oleh karena itu, biasakan pola hidup bersih dan bergizi, membuang sampah pada tempatnya, mencuci tangan sebelum dan sesudah makan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, dr Hj Neneng Hasanah MM, menambahkan, bahwa verifikasi penghargaan sentra jajan/kantin sekolah tingkat nasional untuk Provinsi Jawa Barat diwakili oleh SMP Negeri 1 Weru. Karena SMPN 1 weru ini telah layak dan pantas diikutsertakan untuk mendapat penghargaan tingkat nasional, karena pengelolaan kantin sekolah serta sarana dan prasarananya telah memenuhi syarat kesehatan.

“Hal ini juga tidak terlepas dari peran pihak sekolah serta semua pihak yang rutin memberikan pembinaan dan pengawasan terutama Puskesmas Karangsari dan Dinas Kesehatan,”jelas Neneng.

Pada verifikasi penghargaan sentra jajan/kantin sekolah tingkat nasional untuk Provinsi Jawa Barat diwakili oleh SMP Negeri 1 Weru turut disaksikan di hadiri pula Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon H Ronianto SPd MM, Camat Weru, Muspika, Puskesmas Karangsari dan lain-lain.

Sumber: Radar Cirebon

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.