banner 728x90

Rutilahu Harus Diawasi Khusus

Dalam rangka monitoring pelaksanaan program rutilahu, jajaran Komisi IV melakukan Kunjungan Kerja ke Kecamatan Ciwaringin, Selasa (11/10). Menurut Wakil Ketua Komisi IV, Hj. Eryati, pihaknya merasa perlu melakukan pengawasan mengingat rutilahu adalah  program yang tengah gencar dijalankan dalam upaya  mengatasi kemiskinan di Kabupaten Cirebon.

“Mudah-mudahan para Kuwu dan pelaksana lapangan bersama pemerintah bisa melaksanakan program rutilahu dengan baik. Karena program ini sangat bermanfaat sekali bagi keluarga tidak mampu” papar Eryati.

Dia berharap, agar pelaksanaan program ini  bisa dilakukan secara transparan sehingga    tidak akan terjadi salah sasaran yang bisa menimbulkan kecemburuan di masyarakat.

Di hadapan para wakil rakyat, Tim Pelaksana Kegiatan memaparkan banyaknya permasalahan terkait pelaksanaan program ini, diantaranya dari 5 yang mendapatkan dana Rp.10 juta untuk rehab bukan tetapi kenyataan di lapangan 3 dari 5 itu kondisi rumah yang akan dilakukan perbaikan memerlukan dana yang besar, hampir bisa dikatakan sebagai pembangunan rumah, bukannya rehab.

Menanggapi masalah tersebut, Eryati menyarankan  agar      panitia memberi arahan ke masyarakat bahwa bantuan Rp.12 juta tersebut bukan untuk rehab dari nol, melainkan hanya untuk perbaikan saja.

“Perlu ketegasan dari panitia pelaksana di lapangan” tegas Eryati.

Sementara Camat Ciwaringin mengatakan, tiap Kecamatan dibentuk Tim Pelaksana Lapangan yang beranggotakan 7 orang, terdiri dari Ketua, Sekretaris, Bendahara dan 4 anggota. “Tim tersebut  ditunjuk oleh pak Camat langsung dan pencairan dana program ini langsung diterima oleh Tim Pelaksana, sementara survei lapangan dilaksanakan oleh Dinas Cipta Karya untuk melihat secara langsung kondisi rumah yang akan diperbaiki” ungkap Camat.

Tim pelaksana kegiatan di lapangan tidak menerima bantuan berupa uang, lanjut Camat, namun berupa bahan bangunan senilai Rp.12 juta untuk setiap unit rumah yang akan diperbaiki. “ Bahan bangunan yang diberikan jumlahnya berdasarkan hasil survei yang dilakukan Dinas Cipta Karya” katanya. **

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.