banner 728x90

Pemilu 2024 Berpotensi Diikuti 18 Parpol, Verfak Perbaikan Enam Partai di Cirebon Selesai Dilakukan

 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon menyelesaikan tahapan verifikasi faktual (verfak) perbaikan kepengurusan dan keanggotaan untuk enam partai. 

Hasil dari verifikasi tersebut nantinya akan dikirimkan ke KPU RI melalui KPU Provinsi.

Kemudian, diputuskan apakah enam partai tersebut lolos sebagai partai peserta pemilu 2024.

Keenam partai tersebut yakni Partai Umat, PSI, Hanura, PKN, Garuda dan PBB yang pada Kamis 8 Desember 2022 kemarin, hadir di pleno hasil rekapitulasi verfak KPU di Hotel Apita. 

Dalam kesempatan tersebut, Ketua KPU Kabupaten Cirebon Dr H Sopidi MA mengatakan ada dua verfak yang dilakukan yakni verfak kepengurusan dan keanggotaan. 

“Ini tahap perbaikan, sebelumnya sudah dilakukan verfak tapi karena belum memenuhi syarat maka diberikan waktu perbaikan,” ujarnya. 

Menurut dia, saat ini sudah ada 9 partai di parlemen dan memenuhi Parlementhary tresshold yang merupakan partai peserta pemilu 2019. 

Selain itu, 3 partai lainnya saat verfak tahap awal sudah dinyatakan memenuhi syarat sementara Untuk 6 partai. 

Seluruhnya ini nantinya masih menunggu hasil dari KPU RI untuk penetapannya ditanggal 14 Desember. 

https://ce48c46fed409b1ff9dce5fa2fa458ce.safeframe.googlesyndication.com/safeframe/1-0-40/html/container.html “Jadi kalau nanti semuanya memenuhi syarat, 2024 itu ada 18 partai peserta pemilu, tapi kalau ada yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) maka jumlahnya juga akan berkurang, penetapannya di 14 Desember 2022, kewenangan KPU Kabupaten hanya melakukan Verfak, penetapan peserta itu domain KPU RI,” imbuhnya. 

Saat verfak perbaikan, KPU menerima sampling dari sipol yang sudah ditetapkan oleh KPU RI, untuk Partai Umat sample yang dilakukan verfak sebanyak 326 anggota. 

Sumber : Radar Cirebon

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply