banner 728x90

KOMISI IV Meski Bekerja Di Daerah Terpencil Guru-Guru SDN 3 Cipanas Mengaku Merasa Nyaman

Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon Diimbau untuk mengangkat Kepala SDN 3 Cipanas dari guru yang tinggal di Cipanas, karena dikhawatirkan kalau bu-kan yang berasal dari wilayah Cipanas tidak akan betah dan tidak akan lama akan minta pindah lagi.

Pertanyaan tersebut di sampaikan Ketua Komisi IV Drs.H.Rasida Edi Priatna, MM saat berkunjung ke SDN Cipanas 3 Kecamatan Dukupuntang, Rabu (27/11).

Pada kesempatan tersebut politisi Partai Golkar ini pun bertanya soal penyusunan Perbup tentang guru penganti sudah seberapa jauh, karena untuk bisa dilak-sanakan dari Perda tentang pendidikan yang telah dilaksanakan DPRD perlu ada Perbup untuk bisa dijalankan.

“Karena sampai saat ini Perbupnya belum disahkan maka untuk anggaran tahun 2020 honor tenaga guru pengganti belum bisa dilaksanakan sesuai Perda. Kalaupub bisa segera disahkan Perbupnya, maka realisasi-nya diharapkan bisa pada anggaran perubahan 2020” papar Rasida.

Ia menambahkan, kalau sampai tidak ma-suk juga dalam anggaran perubahan 2020 maka diharapkan dan dipastikan bisa masuk dalam anggaran murni tahun 2021.

Sementara itu, anggota Komisi I, Aan Setyawan, S.Si berharap agar Dinas Pendidikan bisa menampung usulan-usulan yang disampaikan para guru. “Usulan cukup dikoodinir dan isampaikan ke Dinas Pendidikan saja” kata Aan.

Dikatakan Aan, sektor pendidikan mendapatkan porsi terbesar dalam APBD Kabupaten Cirebon, bahkan pada anggaran Tahun 2020 mendapat alokasi anggaran tidak kurang dari Rp.1 Triliun, karena ini sudah komitmen kita semua untuk memajukan dunia pendidikan.

“Kami akan mengusulkan di BLok Pager Gunung bisa dibangun tower komunikasi agar bisa membuka keterbatasan masyarakat sini dari akses informasi dunia luar” lanjut Aan.

Aan menyarankan agar Anggota Dewan yang berasal dari dapil wilayah Kecamatan Dukupuntang, pada tahun 2021 mengusulkan pembangunan untuk wilayah desa Cipanas dan sekitarnya.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon Ir.Pahim menjelaskan, terkait penyusunan Perbup, rencananya minggu depan ia akan mengumpulkan teman-teman guru untuk bisa membahas masalah insentif untuk guru honor ini.

“Kami faham dengan perhatian DPRD Kabupaten Cirebon terhadap nasib para guru honorer, bahkan ketua DPRD periode kemarin Pak H.Mustofa, SH berharap pada Tahun 2020 para guru honorer sudah mendapatkan gaji minimal sesuai dengan UMK” ungkap Pahim.

Terkait keinginan warga sekitar desa Cipanas untuk bisa dibangun SMP Negeri, sambung Pahim, pihaknya sudah mengajukan namun belum bisa direalisasikan karena untuk pembangunan suatu sekolah harus mendapatkan ijin dari sekolah-sekolah yang berada diwilayah tersebut.

Sementara itu, para guru SDN 3 Cipanas mengaku, meski letak Sekolah berada di tempat terpencil, tapi mereka merasa nyaman dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Pasalnya, warga blok Pager Gunung sangat mendukung program-program Sekolah, diantaranya bersama warga sekitar sekolah melakukan pembangunan pagar sekolah secara swadya.

Kendati demikian, masih banyak fasilitas penunjang di SDN 3 Cipanas yang perlu untuk di perbaiki, diantaranya halaman sekolah yang masih belum di paving.

“Kami mengharapkan dengan datangnya Anggota DPRD beserta Dinas Pendidikan akan bisa mendengarkan usulan kami untuk pembangunan paving untuk halaman sekolah.” Kata salah seorang guru SDN 3 Cipanas.

Para guru SDN 3 Cipanas mnegusulkan, agar di wilayah Desa Cipanas, Desa Girinata, atau Desa Kedongdong bisa dibangun SMP Negeri, karena saat ini untuk warga di tiga desa tersebut tidak masuk dalam zonasi SMP Negeri manapun.**

Para guru SDN 3 Cipanas mengaku, meski letak Sekolah berada di tempat terpencil, tapi merasa nyaman dalam melaksanakan proses belajar megajar. Pasalnya, warga blok Pager Gunung sangat mendukung program-program Sekolah, diantaranya bersama warga sekitar sekolah melakukan pembangunan pagar sekolah secara swadya.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.