banner 728x90

Komisi IV DPRD Kabupaten Cirebon mengapresiasi kinerja jajaran UPT Pusat Pelayanan Kesejahteraan Sosial Masyarakat (PPKS).

Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi IV, Drs.H.Rasida Edi Priatna , MM ketika UPT.Dinas Sosial di Kecamatan Lemahabang, Jum’at (08/11).

Menanggapi apresiasi legislatif, Kepala UPT.PPKS Uun Kurniasih melontarkan harapannya, yakni dengan kedatangan para wakil rakyat bisa membawa kebaikan buat UPT.Pusat Pelayanan Kesejahteraan Sosial.

Dikatakan, Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) jalanan merupakan salah satu permasalahan sosial yang sulit ditangani.

“Banyaknya gelandangan, pengemis, dan eks psikotik yang seringkali terlihat memadati jalan utama, akan tetapi merupakan hal yang menjadi issue serius yang perlu dicarikan jalan keluar sebagai pemecahannya” papar Uun.

Ia menambahkan, wilayah Kabupaten Cirebon dengan kepadatan penduduk yang cukup tinggi sangat rentan dengan segala permasalahan sosial.

Sementara itu, Sekretaris Komisi IV H.Mahmudi menanyakan penyebab semakin banyaknya angka PMKS jalanan di Kabupaten Cirebon. “Apa saja penyebabnya, sehingga kalau kita tahu penyebabnya kita bisa mencari cara untuk menurunkan angka tersebut?” tanya Mahmudi.

Pada bagian lain, anggota Komisi IV Siska Karina, SH,MH menanyakan apa saja tugas pokok serta fungsi dari UPT.PPKS sehingga bisa memiliki peranan dalam menurunkan angka PMKS jalanan atau PGOT tersebut.

Uun Kurniasih menjelaskan, banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya PMKS jalanan, beberapa diantaranya adalah karena faktor kemiskinan yang berdampak pada ketidak berdayaan,serta faktor pembiasaan yang sering dilakukan masyarakat miskin yang cenderung melestarikan perilaku menyimpang seperti hidup dijalanan.

“Pemerintahan berkewajiban mengarahkan, membina, melindungi serta menumbuhkan suasana yang mendukung seluas luasnya partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial, sehingga tujuan pembangunan nasional dapat tercapai” ungkap Uun.

Keberadaan Orang dengan kecacatan eks psikotik, lanjut Uun, merupakan salah satu dari masalah sosial yang menjadi fenomena sosial pada saat ini.

“Penyandang cacat mental eks Psikotik adalah seseorang yang mempunyai kelainan mental atau tingkah laku karena pernah mengalami sakit jiwa yang oleh karenanya merupakan rintangan baginya untuk melakukan pencarian nafkah atau kegiatan kemasyarakatan dengan faktor penyebab utama adalah adanya kerusakan atau tidak berfungsinya salah satu atau lebih Sistem Syaraf Pusat (SSP) yang terjadi sejak lahir, penyakit, kecelakaan dan juga karena keturunan” beber Uun.**

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.