banner 728x90

Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cirebon menyebutkan, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) setempat sangat minim sarana dan prasarana (Sarpras) dalam menunjang kinerja mereka.

Meski sudah diusulkan, tetapi karena terbentur anggaran, sehingga lembaga legislatif pun belum bisa memberikan anggaran tersebut untuk memenuhi kebutuhan sarpras yang diajukan.

“Iya, Dinas Damkar telah mengusulkan berbagai sarpras, namun berdesakkan dengan kepentingan SKPD lainnya dan minimnya anggaran menjadi inti permasalahan tersebut,” kata Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Cirebon Hj. Hanifah, belum lama ini.

Ia menjelaskan, sebagai salah satu dinas yang mengemban tugas terjun langsung untuk membantu masyarakat, dalam menghadapi hewan buas atau serangga mematikan, tetapi sarpras di dinas ini belum memadahi.

Ia mengakui, memang minimnya fasilitas sarpras  tidak hanya di Dinas Damkar saja, tetapi di SKPD lainnya pun memiliki usulan yang sama pentingnya, sehingga perlu dibagi dan di kelompokkan yang antara prioritas dan bisa ditunda kepentingannya.

“Tahun lalu, Komisi III sudah mengusulkan alat-alat kelengkapan penangkapan hewan liar seperti ular dan sarang tawon. Bahkan kami juga mengusulkan penambahan mobil, baju pemadam, gerindra dan lain-lain yang dibutuhkan oleh Dinas Damkar, tapi karena usulan SKPD lain juga sama pentingnya,” katanya.

Maka, lanjut perempuan yang akran disapa Bunda Ohan ini, TAPD dengan dana yang ada harus bisa membagi dan memprioritaskan usulan-usulan tersebut sesuai dengan PAD. Menurutnya,  besar keinginan Komisi III untuk memenuhi kebutuhan SKPD, namun anggaran yang terbatas menjadi tidak memungkinkan.

“Ingin sekali Komisi III bersama Pemda memenuhi semua kebutuhan SKPD sesuai usulan, namun ingin hati memeluk gunung apa daya tangan tak sampai,” ujarnya.

Ke depan,kata dia, mungkin jika investor banyak yang masuk ke Kabupaten Cirebon, dengan didukung perizinan yang mudah, maka bukan sebuah keniscayaan jika daerahnya menjadi lebih makmur. “Kalau investor masuk perizinan dipermudah, kebutuhan SKPD manapun termasuk Dinas Damkar akan bisa terpenuhi. In syaa Allah,” kata Bunda Ohan.(Ismail)

SUMBER : KABAR CIREBON

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.