banner 728x90

Komisi I: Beri Kewenangan Seluasnya pada Desa

Mahalnya biaya internet astinet desa, sangat disayangkan. Alangkah baiknya bila dialokasikan untuk bidang lain yang bermanfaat bagi desa.

Demikian dikatakan Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Cirebon, Diah Irwany Indiyati.

“Lebih baik anggaran yang ada diberikan pada desa untuk berbagai bidang. Misalnya, pemberdayaan masyarakat,” kataya usai kunjungan kerja di Desa Curug Kecamatan Susukanlebak, Jumat (22/7/2022).

Politisi Partai Golkar ini menjelaskan, program pemberdayaan masyarakat desa terkesan minim. Sehingga, perlu adanya perhatian pemerintah, khususnya anggaran.

“Pihak desa tentu berupaya maksimal dalam menerapkan program yang ada, akan tetapi keterbatasan anggaran yang ada dan regulasi aturan yang sudah ditetapkan pusat, maka pemerintahan desa terpaku pada aturan tersebut. Lebih baik, beri kewenangan penuh pada desa untuk mengelola anggaran yang didapat,” jelasnya.

Masih dikatakan Diah, jaringan internet tentunya sangat bermanfaat bagi pihak desa dan masyarakat. Tapi bila kurang maksimal, perlu adanya perbaikan jaringan internet tersebut.

“Kami akan mendorong pemerintah agar desa memiliki kewenangan penuh dalam penggunaan anggaran. Karena, desa itu sendiri yang mengetahui apa saja yang menjadi kebutuhan. Misalnya desa A, tidak sama kebutuhan dengan desa B,” ujarnya.

Dirinya menghimbau, pihak desa untuk melaksanakan regulasi aturan yang ada, khususnya penggunaan anggaran yang didapat.

“Transparansi anggaran desa sudah bagus, namun alangkah baiknya, jika realisasi dari program desa terpampang dalam spanduk. Agar masyarakat mengetahui, program desa yang sudah tercapai,” ucapnya.

Kuwu Desa Curug, Siti urnia minati mengucapkan terima kasih kunjungan kerja komisi I DPRD Kabupaten Cirebon ke desa ini dan tentunya akan melaksanakan anjuran dari para wakil rakyat tersebut.

“Saran yang membangun sangat diperlukan demi kemajuan desa dan dengan adsnya kunjungan dari DPRD ini sangat mensuport kami untuk lebih baik,” ungkapnya.(Supra/KC)

Sumber : Kabar Cirebon

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply