banner 728x90

Komisi 1 Minta Disdukcapil Prioritaskan Pelayanan Adminduk di Perbatasan

Jarak tempat pelayanan yang jauh, membuat masyarakat di Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon dengan jumlah penduduk sekitar 42 ribu jiwa selalu menemukan permasalahan ketika membutuhkan pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk). Hal itu terungkap saat Komisi 1 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cirebon melakukan kunjungan kerja di kantor kecamatan tersebut, Rabu (3/8).

Camat Waled, H. Hamim mengungkapkan, jumlah pendudukan di Kecamatan Waled berkisar 42 ribu  jiwa, saat ini hanya bisa terlayani untuk melakukan perekaman KTP saja.  Sementara untuk pencetakan KTP dan lainnya harus ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) di Sumber dengan jarak tempuh sekitar 48 km.

“Ini membuat pelayanan menjadi terlambat karena butuh proses waktu yang cukup lama. Atas kondisi tersebut kami berharap ada solusi pelayanan Adminduk untuk masyarakat agar bisa lebih dekat, hemat waktu dan efesien,” ucap Camat Waled.

Hamim, berharap adanya sarana dan prasaran yang memadai, SDM, dan juga satelit atau jaringan internet yang maksimal agar tidak sering terjadi gangguan, dengan demikian pelayanan Adminduk akan lebih dekat, cepat, efektif dan efesien,

“Kecamatan Waled sudah mengajukan pengadaan sarana dan prasarana Adminduk ini di tahun anggaran 2022, semoga di tahun 2023 pelayanan Adminduk bisa semua dilakukan di kecamatan,” katanya penuh harap.

Sementara Ketua Komisi 1 DPRD Kabupaten Cirebon, Sofwan mengungkapkan, persoalan pelayanan Adminduk yang ada di Kecamatan waled merupakan persoalan yang dirasakan juga beberapa kecamatan lain terutama yang berada di wilayah perbatasan.

“Hasil evaluasi ini nanti akan kita rapatkan dengan instansi terkait, dalam hal ini Disdukcapil untuk mencari solusi yang tepat yang harus dilakukan untuk Kecamatan Waled khususnya dalam pelayanan Adminduk, “paparnya.

Ditambahkan Sofwan, dalam anggaran 2022 Disdukcapil Kabupaten Cirebon telah memprogramkan pengadaan peralatan untuk cetak KTP di kecamatan sebanyak 33 unit. Pihaknya berharap bahwa pengadaan tersebut diutamakan untuk daerah-daerah yang jauh dari wilayah Ibu Kota Kabupaten Cirebon.

“Memang Disdukcapil telah menganggarkan pengadaan alat cetak KTP untuk di kecamatan meskipun belum semua kecamatan, akan tetapi kami berharap untuk mengutamakan kecamatan yang jauh dari kota Sumber dahulu, salah satunya Kecamatan Waled ini,” tegasnya.

Sumber : Fajar Cirebon

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.