banner 728x90

Jembatan Jaman Belanda Baru Akan Dibangun Tahun 2017

9 Juni 2016. Warga Desa Japura Lor, Japura Kidul dan Desa Bringin, kini mulai bernafas lega. Pasalnya, jembatan sepanjang 40 meter yang menghubungkan ketiga Desa tersebut, tahun depan (2017)  akan dibangun dengan menggunakan dana dari APBN sebesar 2,5 miliar.

Kabar gembira tersebut mengemuka pada saat Komisi III DPRD Kabupaten Cirebon melihat langsung kondisi jembatan yang dibangun pada jaman Belanda tersebut.  Penjelasan hal tersebut disampaikan oleh pihak Bina Marga yang ikut meninjau lokasi jembatan.

Diketahui, pembangunan jembatan di Desa Japura Lor tersebut masuk dalam Program revitalisasi  / pembangunan jembatan modular sepanjang 40 meter dan lebar 6 meter. “ Ini merupakan program dari pemerintah pusat yang pertama kali dilakukan di Indonesia dengan anggaran dari APBN sebesar 2,5 milyar,” ungkap Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cirebon, Dra. Hj. Yuningsih, M.Si meneruskan informasi dari pihak Bina Marga.

Menurut pantauan Biwara, kondisi jembatan terlihat sangat memprihatinkan. Karena dari mulai dibangun, belum pernah dilakukan secara signifikan oleh pemerintah. “ Pihak Pemerintah Desa setempa tmemang melakukan pemeliharaan, tapi itu dilakukan seperlunya dengan cara melakukan pengelasan jembatan, dengan harapan jembatan tersebut masih bisa dilintasi oleh warga sekitarnya,” sambung Yuningsih didampingi Kuwu Desa Japura Lor dan Kuwu Desa Bringin.

Menurut informasi, jembatan akan dibangun dengan konstruksi bahan bangunan jembatan menggunakan bahan baja dari Korea. Untuk membangun jembatan ini, Pemerintah Kabupaten Cirebon berkewajiban menyediakan anggaran sebesar Rp. 1,2 milyar untuk operasional pembongkaran jembatan yang lama dan membangun jembatan sementara terlebih dahulu sebelum melakukan pembangunan jembatan modural,” katanya Yuningsih.

Pihak Bina Marga menyampaikan,  Kabupaten Cirebon menjadi daerah pertama yang memiliki kesempatan merealisasikan pilot project pembangunan jembatan modular. Program pembangunan jembatan modular ini merupakan inovasi baru, jika nanti kualitas dari jembatan pilot project ini baik maka kedepan akan dibangun lagi di beberapa tempat di Kabupaten Cirebon.**

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.