banner 728x90

Ekspos Perumda Air Minum Tirta Jati Disampaikan Dirut Perumda Air Minum Tirta Jati, H. Suharyadi

Rencana program investasi jangka
menengah Tahun 2021-2025 diantaranya
adalah pembangunan SPAM IKK
Gregesik-Kkaliwedi berikut JDU dan
retikulasi,perluasan SPAM Regional
Metro Cirebon Raya Tahap 1 zona
Plumbon.

PDAM yang saat ini berubah nama karena perubahan Badan hukum menjadi Perumda Air Minum mepunyai delapan (8) cabang pelayanan yaitu di Sumber, Palimanan, Arjawinangun, Gegesik, Suranenggala, Kape-takan, Beber dan Losari serta satu pos Waled

Operasional pelayanan air minum Peremda Air Minum Tirta Jati Kabupaten Cirebon meliki total kapasitas terpasang sebesar 683 It/dad,dan kerja sama pembelian air curah dengan kapasitas 113 It/dad masing-masing dengan PDAM Kuningan 75 It/dad, PDAM Indramayu 20 It/dad, Dan PDAM Kota Cirebon 18 It/dad.

Mata Air Menyuplai debit air PDAM Tirta Jati adalah mata Air Cikalahang Kab.Cirebon untuk sistem Cirebon Small Communities atau CSC, Mata Air Cibodas Kuningan untuk sistem Palimanan-Arjawinangun, Mata Air Bebelan Kuningan untuk sistem Palimanan-Arjawinangun, Mata Air Cigusti Kuningan untuk sistem Sumber, Mata Air Cipujangga Kuningan untuk suplesi Cirebon Small Communities/CSC, Mata Air Paniis untuk sistem Cabang Sumber dengan taping dari PDAM Kota Cirebon, Mata Air Cibulakan Kuningan untuk sistem cabang Beber kerja sama dengan PDAM Kab.Kuningan.

Selain mata air, juga dari WTP/Water Treatment planting yaitu WTP Tawangsaridari sungai Cisanggarung untuk sistem IPA Loasari, WTP kumpul-kuista(Bendung rentang Sungai kumpulkuista Kapetakan) untuk sistem IPA Kapetakan, WTP Ciwaringin atau Bendung Walahar sitem IPA Ciwaringin, Wtp SPAM IKK Tengah Tani (Sungai Bondet) untuk SPAM IKK Gunung Jati, Plered, dan Tengah Tani, SPAM IKK Waled untuk sistem SPAM IKK, Pabuaran dan Ciledug.

Juga ada dari Air permukaan Sungai Cimanuk untuk sistem cabang Gegesik kerja sama dengan SPAM Indramyu, Sumur dalam Lemah Abang dan sumur dengan Karang Sembung untuk sistem cabang Beber, dan sumur dalam Slendra untuk sistem cabang Gegesik.

Untuk cakupan pelayanan, jumlah yang dilayani PDAM Tirtajati adalah 29 Kecamatan dengan prosentase wilayah pelayanan sebesar 35% dan wilayah administrasi sebesar 13,85%.

Tarif air minum yang berlaku dalam tahun 2015 adalah penyesuaian tarif dari peraturan Bupati nomer 39 tahun 2008 tentang tarif air minum PDAM yang dituangkan dalam perBub no.72/2014. Pada tahun 2020 akan diadakan reklasifikasi tarif dengan mengadakan pendatan langsung ke konsumen pelanggan PDAM mengingat banyak konsumen yang berpindah dari kelompok rumah tangga menjadi kelompok niaga.

Program kegiatan dalam peningkatan cakupan pelayanan dan kapasitas produksi dengan menambah kapsitas eksisting baik melalui pencarian sumber air baru ataupun rencana kerja sama pembelian air curah dari mata air Kab.Kuningan untuk mengoptimalkan sistem Cirebon Small Communities (CSC) yang melayani cabang Arjawinangun, Gegesik, dan sebagian Suranenggala, serta melakukan penambahan kapasitas produksi melalui rencana pembangunan IPA Gegesik-Kaliwedi dengan kapasitas 50 It/ded ,juga pemanfaatan alokasi pembelian air curah melaui SPAM regional Jatigede tahap satu untuk zona Plumbon pelayanan plumbon, Weru, Kedawung, Tengah Tani, GUnungjati, Suranenggala. PDAM juga melakukan pengembangan dan perluasan jaringan pipa distribusi dan retikulasi secara bertahap sesuai dengan pertambahan sambungan pelanggan, juga perbaikan sistem pelayanan kepada pelanggan dan masyarakat, serta melakukan survey kepuasan pelanggan si seluruh pelayanan PDAM.

Rencana program investasi jangka menengah tahun 2021-2025 diantaranya adalah pembangunan IKK Gegesik-Kaliwwedi berikut JDU dan retikulasi, perluasan SPAM regional Metro Cirebon kaya tahap satu zona Plumbon.

Perluasan SPAM dengan pemasangan jaringan distribusi Gempol-Palimanan, Kec.Ggesik di Desa Sibubut Blok.Pulo Rancang dari WTP Kapetakan, perluasan SPAM IKK Waled dan pemasangan jaringan distribusi wilayah Kec.Arjawinangun-Gegesik.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.