banner 728x90

DPT Kabupaten Cirebon 1.635.993

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Cirebon menetapkan DPT 1.635.993 melalui rapat pleno DPT di Hotel Apita, Kamis (19/4/2018). Jumlah ini menyusut dari DPS sebanyak 12.031, sebab saat rapat pleno DPS beberapa waktu lalu ditetapkan sejumlah 1.648.024.

Dari data DPT ini, jumlah pemilih laki-laki 822.972, dan jumlah pemilih perempuan sebanyak 813.021. Sementara untuk jumlah penyandang disabilitas dalam DPT ini sebanyak 1.875. Ketua KPU Kabupaten Cirebon, Syaefudin Jazuli mengatakan, ada proses selanjutnya untuk melengkapi DPT melalui DPT tambahan, hal ini untuk mengantisipasi belum masuknya data warga yang belum memiliki hak pilih.

“Jadi DPT resmi kita plenokan, jumlah DPT yang telah diplenokan ini merupakan penyempurnaan dari DPS, makanya saat ini ada penyusutan data dengan jumlah DPS beberapa waktu lalu. Namun kita masih memberikan kesempatan barangkali masih ada yang kurang melalui DPT tambahan,” kata Syaefudin usai rapat pleno.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Cirebon, Mochamad Syafrudin mengatakan, dari total 1.635.993 yang masuk ke dalam DPT, 17 ribu warga di antaranya belum melakukan perekaman KTP elektronik.

“Namun, mereka ini sudah masuk ke dalam database, secara bertahap kita akan keluarkan surat keterangan untuk mereka, sambil kita imbau mereka ini untuk segera melakukan perekaman,” katanya.

Syafrudin menambahkan, kalaupun yang masuk ke dalam database dan sudah melakukan perekaman tapi belum mendapatkan e KTP, maka secara bertahap KTP akan dicetak.

“Intinya posisi saat ini sudah aman, mereka yang sudah terdata dalam database dan sudah melakukan perekaman tapi belum dicetak KTPnya, maupun mereka yang sudah terdata dalam database tapi belum melakukan perekaman, kita siap menerbitkan surat keterangan. Pada hari H nanti, warga yang telah memiliki hak untuk memilih bisa memilih berdasarkan KTP atau surat keterangan tersebut,” katanya.

Sebelumnya, saat rapat pleno DPS beberapa waktu lalu, sebanyak 45.832 warga Kabupaten Cirebon diketahui belum memiliki KTP elektronik. Ketua KPU Kabupaten Cirebon Syaefudin Jazuli saat itu mengatakan, pada saat petugas melakukan pencocokan dan penelitian, ribuan warga ini tidak bisa menunjukkan KTP elektroniknya.

Sumber: Kabar Cirebon

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.