banner 728x90

DPRD Sebut Data Tenaga Kerja di Kabupaten Cirebon masih Amburadul

CIREBON–Pendampingan tenaga kerja di Kabupaten Cirebon belum maksimal. Butuh Posnaker (Pos Tenaga Kerja)  untuk memberikan perlindungan dan pemberdayaan tenaga kerja. Sebab, tidak sedikit masyarakat telah mendapatkan pelatihan, namun tidak bisa mengaplikasikan.

Pembina Dewan Pimpinan Pusat Posnaker Jose Rizal B H Abdullah mengatakan, di sejumlah daerah, terdapat Pos Tenaga Kerja (Posnaker) yang memiliki peran melindungi dan pendampingan. Saat ini Posnaker sudah ada di 7 provinsi diantaranya, Lampung, Jawa Barat, Bali, NTT dan Lombok serta Banten.

“Di sejumlah daerah, Posnaker juga bekerjasama dengan dinas terkait. Selain itu lembaga juga memfasilitasi warga yang memiliki usaha namun sulit untuk memasarkannya,” ujar Rizal kepada Radar Cirebon.

Menurutnya, di Jawa Barat baru di beberapa Kota/Kabupaten. Untuk membentuk Posnaker sendiri harus ada permintaan dari daerah yang bersangkutan. Jadi sistemnya dari bawah baru ke atas. Keberadaan Posnaker ini sangat membantu warga. “Contohnya, ada warga punya kebun jagung, jagungnya dijual ke koperasi lalu diproduksi jadi sesuatu dan dipasarkan. Nanti untungnya buat masyarakat sendiri, kalau sampai ekspor kami juga bantu,” terangnya.

Sementara itu salah satu anggota DPRD Aan Setiawan SSi menyampaikan, sewaktu masih menjabat di komisi IV, data mengenai tenaga kerja di Kabupaten Cirebon masih amburadul. “Saya pernah meminta data mengenai tenaga kerja, tapi tidak pernah dikasih oleh disnaker,” paparnya.

Dia menjelaskan, untuk mengurangi angka pengangguran pemerintah daerah wajib menyediakan lapangan pekerjaan, pelatihan juga pendampingan. Artinya jika Posnaker masuk ke Kabupaten Cirebon, itu akan sangat baik sekali.

“Selama ini banyak program dari pusat, provinsi dan daerah untuk melatih keterampilan masyarakat. Tapi setelah itu tidak ada tindaklanjutnya, sehingga tidak sedikit yang mandek di tengah jalan. Kalau seperti itu kan kesannya membuang-buang anggaran. Oleh karena itu perlu ada lembaga yang bisa menindaklanjuti hal itu,” pungkasnya

Sumber; Radar Cirebon

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.