banner 728x90

DPRD Kabupaten Cirebon Sebut Klangenan Miliki Segudang Potensi Pariwisata

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cirebon, menyebut desa-desa di Kecamatan Klangenan memiliki segudang potensi pariwisata. Potensi tersebut sangat mungkin untuk dikembangkan untuk pemasukan PADes.

Demikian disampaikan Anggota DPRD Kabupaten Cirebon dari Fraksi PKB, Hj. Hanifah. Menurutnya, desa-desa di Kecamatan Klangenan memiliki segudang potensi. Hal itu, terungkap ketika ia dan pimpinan DPRD menghadiri undangan kecamatan setempat untuk mengisi wawasan kebangsaan.

“Kami telah menghadiri undangan Camat Klangenan. Ternyata desa-desa di Kecamatan Klangenan banyak potensi pariwisata. Tinggal dikembangkan saja potensinya itu,” kata Hj. Hanifah, belum lama ini.

Sebab, lanjut dia, di Kecamatan Klangenan terdapat Situs Nyi Endang Geulis. Kemudian kesenian topeng Slangit. Kesenian Sintren, Berokan. Serta terdapat pesta Serang, acara adat sedekah bumi yang masih dipertahankan. Tak hanya itu, kuliner Botok Pekantingan pun masih dipertahankan.

Artinya kata perempuan yang akrab disapa Bunda Ohan ini, beragam potensi itu, sangat memungkinkan untuk di kembangkan. Saat ini, regulasinya di DPRD sedang dibahas. Bahkan pemerintah memiliki grand desing jangka panjang terkait pembangunan berbasis pariwisata.

“Tinggal dibantu untuk membuat rencana pembangunan kawasan wisatanya dengan locus yang jelas. Lalu kita siapkan agenda atau event wisatanya, kerja sama dengan siapa saja,” kata Bunda Ohan.

Riilnya, lanjut dia, bisa dilakukan dengan membuat paket wisata untuk beberapa titik di Kabupaten Cirebon. Apakah mau dimix, menjadi satu paket komplit. Di dalamnya sudah ada wisata alam, wisata religi, serta wisata kulinernya.

“Jadi, tinggal manajemen yang baik serta pengemasan yang menarik. Sehingga, pengembangan pariwisata bukan sekadar wacana. Nyata dilakukan. Karena kita sudah punya modalnya. Punya potensinya,” kata Bunda Ohan.

Memang saat ini, kata dia, Perda Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Daerah (Ripparda) Kabupaten Cirebon belum disahkan. Masih digodok. Ketika Perda tersebut sudah disahkan, bisa lebih tepat pengelolaannya. “Jadi ayo, bismillah. Semangat menyusul Gegesik yang sudah menjadi juara nasional desa wisata. Klangenan pun pasti bisa,” ujarnya.

Sumber : Kabar Cirebon

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.