banner 728x90

DPRD Desak Tentukan Kriteria Warga Miskin

Komisi IV DPRD Kabupaten Cirebon mendesak, Dinas Sosial segera menentukan kriteria miskin. Demi menuntaskan persoalan klasik terkait penyaluran bantuan sosial (bansos) yang tak tepat sasaran.

Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Cirebon, Heriyanto ST mengatakan, penyaluran bansos selamanya tidak akan tepat sasaran, selama kriteria itu, belum dibuat dan disepakati.

“Selama Dinsos belum mampu membikin kriteria miskin secara muatan lokalnya dimasukan, saya yakin sampai kapanpun tidak tepat sasaran,” ujar Heri-sapaan akrabnya, Rabu (2/11).

Kuncinya, kata Heri, ada di kriteria yang jelas terlebih dulu. Makanya harus ditentukan seperti apa kriteria miskinnya. Imbas tidak adanya kriteria tersebut, alhasil penyaluran pun carut marut. Jangankan masyarakat, puskesosnya pun kebingungan.

 “Orang Puskesosnya saja posisinya kebingungan. Tidak punya patokan yang jelas. Yang tepat. Pembekalan patokannya seperti apa. Nah ini saya sudah ngomong dari tahun 2020,” katanya.

Makanya, lanjut Heri, Dinsos harus mampu membikin kriteria secara lokalnya. Pemerintah pusat pun diminta ketika akan mengeluarkan bantuan, diserahkan ke daerah masing-masing. “Tentukan saja kuotanya berapa. Serahkan ke masing-masing daerah,” ungkapnya.

Artinya, daerah diberikan keleluasaan lebih untuk menentukan dan memverifikasi. Siapa-siapa saja yang berhak mendapat bantuan. “Karena kadang-kadang data yang kita kirimkan ke Kemensos, dengan data terbaru, belum tentu hari ini atau tahun ini dapat bantuan. Sedangkan roda perekonomian, naik turun,” imbuhnya.

Ia menyampaikan, selama konsep kementerian masih tetap, tidak diubah maka selama itu pula proses penyaluran bantuan tidak tepat sasaran. “Jadi saya tegaskan, berilah daerah keleluasaan. Pemerintah pusat cukup menggelontorkan kuota,” tandasnya.

Tapi, kriteria muatan lokalnya tetap harus ada. Harus dibuat. Seperti apa kriteria miskinnya. Tertera secara jelas. “Kalau dua-duanya dijalankan, bisa meminimalisir bantuan-bantuan yang tidak tepat sasaran,” katanya.

Sebelumnya, pada saat Komisi IV DPRD menggelar rapat kerja, diketahui terdapat fakta mengejutkan. Dimana distribusi bansos banyak yang tidak tepat sasaran. Bahkan, tercatat sebanyak 400 ribuan. Data itu, diperoleh berdasarkan hasil verifikasi faktual (verfak) Dinsos.

Sumber : Radar Cirebon

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply