banner 728x90

Dewan Rancang 17 Perda Inisiatif

Pertimbangkan kemampuan dan keungan daerah Badan pembentukan peraturan Daerah (Baperda) DPRD Kabupaten Cirebon menginisiasi sedikitnya 17 rancangan peraturan daerah (raperda) dalam program legislasi daerah (prolegda) tahun 2015. 15 raperda merupakan PR dari tahun 2014, sementara dua lainnya merupakan raperda inisiasi baru.

Ketua Bapperda DPRD Kabupaten Cirebon Supirman mengatakan, dua raperda tambahan merupakan penyelenggaraan perparkiran, minyak dan gas. Kedua raperda tersebut dianggap perlu untuk mengatur secara detail persoalan perparkiran, minyak dan gas. “Untuk perparkiran sendiri kita anggap penting, karena bisa dilihat dari ujung Losari hingga Kaliwedi titik-titik parkir ini tidak jelas. Penyelenggaranya pun tidak jelas,” tuturnya. Tidak hanya menambah dua raperda, dalam rapat tersebut Bapperda DRPD Kabupaten Cirebon juga menentukan perda-perda prioritas yang akan dikerjakan.

Supirman mengatakan, perda yang menjadi prioritas utama adalah yang memiliki turunan undang-undang secara nasional. Dua perda prioritas adalah perubahan perda tentang tata cara pembentukan peraturan daerah, perda tentang penyusunan pengelolaan program legislasi daerah, hingga perda tentang penyelenggaraan kesehatan. “Ada beberapa yang kita prioritaskan karena memang kebutuhannya mendesak. Dan apabila tidak segera dibuat aturan, maka pelayanan tidak berjalan optimal,” tuturnya.

Sementara ini Supirman menjelaskan, tercatat 27 raperda yang akan digarap di tahun 2015. 17 raperda berasal dari inisiasi DPRD, sementara 10 lainnya dari Pemerintah Kabupaten Cirebon. Namun diakuinya, jumlah 27 raperda tersebut  belum final. Mengingat masih mungkin terjadi revisi dalam pembahasan prolegda dengan pemerintah Kabupaten Cirebon. “Nanti pemerintah daerah akan memberikan masukan. Insya Allah besok (hari ini, red),” tuturnya.  Anggota Bapperda lainnya, Yoyo Siswoyo mengatakan, dalam penyusunan prolegda diharapkan juga mempertimbangkan kemampuan keuangan dan anggota DPRD. “Jangan sampai banyak, tapi malah tidak bisa dikerjakan karena tidak ada anggaran atau yang lainnya,” tukasnya

Sumber : Radar Cirebon

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.