banner 728x90

Cirebon Timur Layak Dimekarkan, PKB akan Usulkan Pansus Pemekaran

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Cirebon terbuka dalam menerima aspirasi dari Komite Pemekaran Cirebon Timur (KPCT) untuk diajukan dalam Pansus pemekaran wilayah di DPRD Kabupaten Cirebon.

Hal tersebut dikatakan Ketua DPC PKB Kabupaten Cirebon, Hasan Basori usai silaturahmi dengan KPCT dan FKKC dibilangan Jalan Halimpu, Wangkelang, Cirebon, Jumat (10/6).

Hasan menilai, pemekaran Kabupaten Cirebon layak dilakukan, sehingga silaturahmi dengan KPCT merupakan bagian advice teknis termasuk advice rencana kerja KPCT bisa direalisasikan.

Adapun untuk dimasukkan dalam Pansus, Hasan mengklaim, sepanjang ada aspirasi dan disetujui semua fraksi, maka usulan pemekaran bisa diparipurnakan DPRD Kabupaten Cirebon.

“Soal kapan di Pansuskan, tentu ada aturannya, ada Bamus dan disetujui paripurna atas usulan fraksi-fraksi untuk dibentuk Pansus pemekaran,” kata Hasan kepada Kantor Berita RMOLJabar.

Sementara itu, Ketua KPCT, Dade Mustopa Efendi mengatakan, pemekaran suatu wilayah tak hanya didukung elit politik, tapi harus mendapatkan persetujuan dalam Musyawarah Desa Khusus (Musdesus).

“Saat ini KPCT sedang melakukan Musdesus untuk mendapatkan persetujuan dari para Kuwu dan BPD,” ujarnya.

Menurutnya, persetujuan dalam Musdesus dengan 191 kepala desa serta Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di 18 kecamatan, menjadi salah satu syarat administrasi untuk usulan Daerah Otonomi Baru (DOB) Cirebon Timur. Hadir dalam silaturahmi pemekaran Cirebon Timur, legislator PKB Dapil 5 Kabupaten Cirebon, Ismiyatul Fatihiyah Yusuf dan Ketua Forum Komunikasi Kuwu Cirebon, Agus Syamsah serta sejumlah tokoh Kabupaten Cirebon Timur. 

Sumber: Rmol.id

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply